#25 Facts about IPB

Gegara iseng baca-baca Fakta Unik Mahasiswa IPB yang Harus Anda Ketahui, gue sebagai alumnus kampus kece ini merasa tergelitik untuk membuat hal serupa. Tentunya ini versi gue, lain lah dari yang lain. Secara nenek moyang gue -asli tak diragukan lagi- merupakan penghuni kawasan kampus IPB jauuuhh sebelum IPB ada.. hehehe #sowhat?

***

Baiklaah tak perlu berlama-lama dan bermalas-malas... cekidot gan!


1. Institut Pertanian Bogor (IPB) dulunya adalah perkebunan karet (Hevea brasiliensis) pada zaman penjajahan Belanda | Kini? Hanya terlihat di beberapa sudut kampus sisa-sisa pohon penghasil getah tersebut.

2. IPB punya 5 kampus berbeda yang didirikan sesuai maksud dan tujuan tertentu | Di antaranya Kampus IPB Darmaga (S1 dan sebagian Pascasarjana/ kampus utama), Kampus IPB Baranangsiang (Pascasarjana), Kampus IPB Gunung Gede (lokasi kuliah, praktikum, kolam percobaan, dll), Kampus IPB Taman Kencana (lokasi penelitian dan asrama), serta Kampus IPB Cilibende (Diploma).

3. IPB punya rektor yang namanya diabadikan sebagai nama landmark-nya IPB (Gedung Rektorat), yaitu Andi Hakim Nasoetion.

4. Nopol mobil rektor IPB, yaitu F 1 PB. Gak jarang mahasiswa iseng selfie depannya kalo mobil ini lagi cantik terparkir.

5. IPB punya 9 Fakultas (dari A sampai I; atau plus Diploma jadi 10), dengan warna bendera dan kode yang berbeda, misalnya (A: Fakultas Pertanian, warna Hijau; B: Fakultas Kedokteran Hewan, warna Ungu, C: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, warna: Biru, dll.)

5. Lima jurusan (Departemen) terfavorit di IPB (katanya sih..ini gue tau pas dulu masuk IPB, 5 jurusan ini di Bold paling banyak diminati), yaitu TEKPANG (Teknologi Pangan), GM (Gizi Masyarakat), Statistika, AGB (Agribisnis), dan ILKOM (Ilmu Komputer) | Gue tambahin jadi 6 boleh? Plus ARL (Arsitektur Lanskap) hwehehe..

6. Di IPB, orang terkenal seantero kampus (Darmaga) selain rektor (IPB 1) adalah ROGER (IPB 2), hahaha... Roger ini adalah (maaf) pedagang asongan keliling yang sehari-hari jualan pulsa, tissue, dan Xon-Ce/ Vitacimin ke kelas-kelas | Movement nya cepet bangeett.. Misal, jam 10 ketemu di Faperta, 15 menit kemudian udah di FKH =.=

7. Selain ROGER, ada juga ENDAH, seorang 'akhwat' yang jadi primadona para mahasiswa. Homerange-nya Endah ini di sekitaran Bara, Bateng, dan Al-Hurriyyah | So, jangan kaget yaa, kalo ketemu sama Endah. Dia baik kok (jikalau kamu beruntung, hehe ^^v).

8. IPB terkenal sebagai salah satu kampus terhoror. Beberapa spot kampus yang banyak kisah kasihnya adalah asrama (putra maupun putri), Danau LSI, Perpustakaan LSI, Hutan karet dekat Fahutan, pintu 2 IPB, lab IPA TPB lama, Kebun Cikabayan, dan beberapa ruang kelas~

9. Desain heksagonal gedung perkuliahan IPB Darmaga (yang mirip sarang lebah itu) konon memang diilhami dari bentuk sarang lebah | Kata dosen gue perancangnya adalah seorang berkewarnanegaraan Jepang.

10. Sisters University-nya IPB itu (dominan) kalo ga Jepang ya Jerman | Banyak banget beasiswa, exchange program, dan dosen lulusan sana.

11. Sekali wisuda di IPB itu kuotanya cuma 800 mahasiswa (maklum GWW-nya kecil, hehe). So, jangan heran kalo setaun ada 6 kali (btw sekarang katanya udah 7 kali!) wisuda di IPB | lumayan nih buat yang ngedanus dadakan.. hihi.

12. Tahukan Anda, IPB dilewati oleh jalur 'De Groote Post Weg'. Itu lohh jalan yang dibangun semasa Daendels guna menghubungkan Anyer dan Panarukan *buka buku IPS SD nya* haha.. | Yap, Jalan Raya Darmaga yang terkenal itu dulunya bagian dari DGPW :D

13. Yang bener IPB Darmaga atau IPB Dramaga sih? Hem, yang bener adalah "DARMAGA" berdasarkan SK Rektor IPB jaman baheula (duh lupa tepatnya kapan) | Pernah ditunjukkin salinan SK nya sama dosen sepuh gue di ARL kalo DARMAGA itu ada asal-usulnya katanya, yaitu DARMA=kerja/ karya, dan GA/ 'go' = layaknya makna 'go' dalam bahasa Inggris yang artinya similar dengan 'terus bergerak'.

14. Tiap fakultas di IPB punya kantin masing-masing, kecuali FMIPA (sampe sekarang gue mencari-cari di manakah letak kantinnya) *lol

15. IPB punya 17 desa lingkar kampus binaan. Cucok banget kalo mau penelitian di sini. Data-datanya udah buanyaak banget di LSI hehehe.

16. Di IPB ada yang namanya OMDA (Organisasi Mahasiswa Daerah). Setiap tahunnya, mereka ngadain acara bareng BEM KM IPB, yaitu GENUS (Gebyar Nusantara | Seru banget bisa ngeliat perform, pakaian adat, tradisi, kesenian, dan tentunya makanan khas mereka >.<

17. Selain tempat wisuda, GWW (Graha Widya Wisuda) juga tempat nikahan lohh. Lumayan bisa makan gratis :D | Mau ah nanti nikah di sini #eh

18. IPB punya banyak plesetan nama, sebut saja Institut Perbankan Bogor (lulusannya banyak yang kerja di bank), Institut Pesantren Bogor (banyak mahasiswi berhijab panjang), Institut Pleksibel banget (lulusannya bisa kerja apa aja), hingga Institut Pembesaran Betis (derita mahasiswa pejalan kaki plus naik-turun tangga).

19. Rata-rata mahasiswa IPB pernah kesasar nyari ruangan. Itu karena bentuk bangunan dan ciri khas tiap ruangan miriiipp dan saling sambung-menyambung menjadi satu. Belum lagi bingung baca signage wing-wing di IPB kalo mindmap kamu kurang oke :'3 | Cuma sekarang udah mendingan lah dicat warna berbeda tiap fakultas.

20. Departemen termuda di IPB adalah EKSYAR alias Ekonomi Syariah, di Fakultas Ekonomi dan Manajemen

21. Mata Kuliah 'terfavorit' di IPB adalah DASKOM alias Dasar-Dasar Komunikasi. Hampir semua jurusan wajib ngambil ni MK =.=

22. IPB menerapkan sistem Mayor-Minor yang berlaku sejak 2005 sebagai pengganti sistem kurikulum nasional | tapi banyak juga yang gagal (terpaksa melepas minor) di tengah jalan lantaran sering bentrok jadwal antara mayor dan minor :( *untung gue nggak hihii

23. Penulis Hymne IPB adalah Bapak Mohammad Syafei Atmodiwiryo dan diaransemen oleh Koesbianto. 

24. Benchmark-nya IPB berada di Taman Pinus Faperta, tepatnya di batu prasasti yang ditandatangani Presiden Soekarno.

25. IPB sedang menuju WCU (bukan WC Umum loh ya -___-) tapi WORLD CLASS UNIVERSITY >.< entah bagaimana daya dan upayanya | Mari kita dukung dan doakan :) #aamiin 



#CMIIW

silakaan ditambahkan kalo ada yang kurang hehee




Komentar

  1. ceteee penguin2 di kanan unyu banget *salah fokus, hahaha. iya nih info2 penting soal IPB, nomer 13 baru tau banget. makasih loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaa unyuu :3 hehe sama sama kakaa ^^

      Hapus
  2. Berasa tercerahkan :D karena waktu pertama mw ke IPB bingung alamat yang bener : darmaga apa dramaga :D ternyata sama aja...nyampe juga haha..

    BalasHapus
  3. hahaa iya mb emang sama aja sih..ak jg baru tau hee

    BalasHapus
  4. Aaa inget inget, aku takut sama endah, klo papasan pke krudung item langsung ditereakin hihi...e dia sering bgt masuk al amin ya

    BalasHapus
  5. kak, mahasiswa ipb ya? aku boleh minta salah satu contact person yang ngatur soal maba atau jalur jalur masuk ipb yang bisa di hubungi gak kak? Terimakasih.

    -SMKN 20 Jakarta-

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ^_^

Pos populer dari blog ini

Giri Tirta Kahuripan Resort

Trimester 3: Partus Normal VS Mata Minus Tinggi