Eksotika Hawaii di Pantai Pasir Putih Carita

Semilir angin pantai, suara deburan ombak, dan kilauan air laut yang menyapu daratan pasir lembut adalah sensasi yang akan kita rasakan ketika kita berada di sebuah pantai. Ya, bagi Anda yang ingin merasakan sensasinya tidak ada salahnya apabila Anda berkunjung ke salah satu kawasan wisata PANTAI PASIR PUTIH CARITA yang terletak ujung barat pulau Jawa yang menawarkan eksotika Selat Sunda dengan panorama alamnya yang indah.


Carita beach, Banten
 

      LOKASI DAN AKSES PANTAI PASIR PUTIH CARITA terletak ditepi jalan raya Carita – Labuan. Letaknya yang cukup strategis ini memudahkan pengunjung untuk mengakses kawasan yang dituju. Dengan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata, jarak Jakarta – Pandelang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 – 3 jam perjalanan waktu normal. Untuk perjalanan kali ini, kami memilih mengendarai bus pariwisata bersama rombongan warga sekitar rumah. Dari Bogor, kami berangkat pukul 6 pagi. 

Banyak alternatif jalur yang dapat ditempuh untuk sampai ke lokasi. Beberapa di antaranya adalah dari arah Jakarta yang dapat ditempuh menuju lokasi, yaitu: Pertama, rute Jakarta – Serang – Pandeglang –Labuan – Carita  dengan jarak tempuh sekitar 160 kilometer. Kedua, rute Jakarta – Serang – Cilegon – Anyer – Carita dengan jarak tempuh sekitar 170 kilometer. Ketiga, rute Jakarta – Serang – Palima – Batukuwung – Carita  dengan jarak tempuh sekitar 160 kilometer. Jalur yang kami pilih adalah rute kedua karena aksesnya lebih mudah dijangkau. 

Walaupun jaraknya relatif dekat dari Jakarta, namun jangan sekali-kali Anda bepergian saat hari mulai siang pada musim liburan jika tidak ingin terjebak macet. Pasalnya, terdapat banyak sekali pengunjung, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun rombongan, juga ingin menikmati suasana pantai. Ditambah, sepanjang sisi barat pulau Jawa terdapat banyak pantai yang juga dijadikan objek wisata, antara lain pantai Anyer, Karang Bolong, Matahari, Tanjung Lesung, dll. Karena itu, baru sekitar pukul  12 siang kami sampai di lokasi Pantai Carita. Dan dapat dibayangkan, suasana di lokasi sangat ramai dikunjungi wisatawan.
           
Sesampainya di sana, kami segera mencari lapak yang nyaman untuk beristirahat. Posisi yang baik adalah di bawah rimbunan pohon kelapa dan menghadap ke pelas pantai. Bagi Anda yang tidak ingin repot membawa tikar, jangan khawatir, banyak penduduk setempat yang menawarkan jawa penyewaan tikar bagi para pengunjung. Tarif yang dipasang berkisar antara 20 ribu hingga 25 ribu rupiah sepanjang hari. Namun bagi Anda yang senang repot, tidak ada salahnya membawa tikar dari rumah, karena selain lebih bersih, Anda dapat menghemat pengeluaran selama berekreasi.

AKOMODASI DAN FASILITAS Objek wisata seluas 2,5 ha ini tidak hanya memiliki pantai dan hamparan pasirnya saja yang menawan, tetapi juga terdapat beragam akomodasi dan fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk menambah kepuasan dan pengalaman berwisata alam. Akomodasi dan fasilitas yang disediakan antara lain area parkir kendaraan yang dapat menampung ± 150 bus, tempat ibadah, penginapan, 180 unit kamar mandi/ bilas, lifeguards profesional, pusat oleh – oleh dan cinderamata, pusat informasi pariwisata, arena bermain anak-anak, tempat berjemur, camping ground, kolam renang, jaringan fiber optik internet, hingga kios wartel. Bagi Anda yang gemar bermain air, dapat mecoba beberapa permainan air seperti jetski, banana boat, speed boat, diving, dan snorkeling. Untuk sarana permainan air dan pusat cinderamata tersebut, harga barang atau tarif sewa yang diberlakukan memang relatif tinggi, karena itu, Anda harus pintar-pintar menawar harga. Salah satu permainan air yang murah meriah adalah menaiki speed boat dengan tarif 10 ribu per-orang untuk satu kali jalan.

PENGUNJUNG Kawasan wisata PANTAI PASIR PUTIH CARITA banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Saat musim liburan tiba, tidak kurang dari 3000 pengunjung memadati pantai ini. Kebanyakan di antara mereka berasal dari wilayah sekitar Banten, Jabodetabek, dan Jawa Barat yang datang untuk berekreasi bersama keluarga ataupun teman. Tentunya momen ini sangat dinantikan oleh para penjaja makanan, souvenir, dan jasa penyewaan alat-alat renang untuk mengais rejeki yang berlimpah.
Setelah puas berjalan-jalan dan menikmati pesona Pantai Pasir Putih Carita, rombongan kami kembagi ke Bogor sekitar pukul 5 sore. Perjalanan pulang kami ini memakan waktu sangat lama. Tidak tanggung-tanggung, 11 jam kami habiskan di dalam bis! Baru sekitar pukul 4 dini hari kami sampai di rumah. Kondisi jalan macet total di daerah Pandeglang dan Cilegon. Maklum, saat itu adalah puncaknya arus balik Lebaran dari pelabuhan Merak, Banten. Benar-benar perjalanan yang melelahkan, tapi sangat mengasyikan!



Nb: artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas MK Interpretasi Alam (KSH 333)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

#25 Facts about IPB

Cerita Melahirkan #1

Tentang Kita #Ta'aruf (Bagian 1)